Selasa, 25 Mei 2010

TUGU RAJA SITEMPANG

Peletakan Batu Pertama Tugu Raja Sitempang di Buhit Pangururan Sukses
Posted in Marsipature Hutanabe by Redaksi on Juli 16th, 2008

Samosir (SIB)
Peletakan batu pertama tugu Raja Sitempang (Sitanggang, Galingging, Simanihuruk dan Sidauruk), di Buhit Pangururan Minggu (29/6) lalu berjalan sukses. Ketua Punguan Pomparan Raja Sitempang (PPRS), JP.Sitanggang didaulat meletakkan batu pertama pembangunan tugu di Desa Panampangan Parluhuluhutan Kecamatan Pangururan. Lokasi pembangunan tugu itu berada di areal yang luasnya sekira 20 Ha.
Sebelumnya PPRS melakukan upacara ritual sekaligus berdoa di Pusuk Buhit, tepatnya daerah Sitala-tala sekira pukul 03.30 WIB. Ritual itu dilakukan untuk mengingat keberadaan Raja Sitempang semasa hidupnya dahulu di sana. Kami juga melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan miniatur tugu yang sama, kata ketua panitia pembangunan tugu dan pesta PPRS Parlindungan Sitanggang.
Tugu Raja Sitempang yang sudah selesai gambar fisiknya sekira 15 M dari permukaan tanah itu akan menelan biaya Rp 4 miliar. Sumber dananya diyakini dapat diatasi oleh keturuanan Raja Sitempang tanpa harus ada donatur dari pihak luar.
Dengan adanya tugu ini kami berharap semua keturuan Raja Sitempang di seluruh seantero jagad ini dapat bersatu. Jika tidak pada waktu yang sama, setidaknya dapat datang ke Samosir melepas rindu di sekitar tugu, kata JP Sitanggang waktu itu.
Selain itu, keberadaan tugu itu juga kelak akan dibuka untuk umum sebagai salah satu tujuan wisata budaya khususnya bagi mereka yang ingin menggali budaya dan marga dari Samosir.
Kami juga punya saudara yang sudah malang melintang di dunia pengobatan tradisonal, Prof Sorimangaraja Sitanggang. Dia akan menyiapkan tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan pengobatan tradisonal di sekitar lokasi tugu, tambah Parlindungan.
Kedepan, PPRS dimanapun berada bukan lagi sekedar wadah menyiapkan pembangunan tugu dan pesta. Namun akan bergerak seiring perkembangan dan keperluan yang mendesak yaitu sebagai wadah untuk memberikan motivasi dan bimbingan khususnya kepada generasi muda keturuan Raja Sitempang.
Hadir dalam peletakan batu pertama tugu Raja Sitempang saat itu, mantan anggota DPR RI Edy Ramli Sitanggang, Prof.Sorimangaraja Sitanggang, Sekum PPRS Samosir Unggul Sitanggang dan beberapa pengurus dari Jakarta, Jambi, Riau, Lampung, Tangerang, Surabaya dan dari berbagai daerah lainnya.